KODE ETIK DOKTER SPESIALIS KEDOKTERAN OKUPASI

PERHIMPUNAN SPESIALIS KEDOKTERAN OKUPASI INDONESIA

(INDONESIAN OCCUPATIONAL MEDICINE ASSOCIATION)

 

MUKADIMAH

 

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan didasari oleh perikehidupan bangsa yang berbudi luhur serta berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945, maka kami Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi, berperilaku, berilmu dan berkarya mengikuti pedoman yang dituangkan dalam Kode Etik Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi sebagai berikut :

1. Bahwa kami mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja diri,  setiap pekerja dan orang lain di tempat kerja.

2. Bahwa kami melaksanakan tugas berdasarkan kaidah ilmiah yang obyektif dan terpadu.

3. Bahwa kami terus-menerus meningkatkan, mengembangkan pengetahuan dan praktek kedokteran kerja. 

4. Bahwa kami membuat suatu pernyataan dan atau persetujuan yang sesuai dengan  kompetensi yang sesuai sebagai dokter spesialis kedokteran okupasi.

5. Bahwa kami dalam membuat keputusan medik membebaskan diri dari tekanan dan atau pengaruh yang berasal dari perbedaan kepentingan.

6. Bahwa kami dengan penuh kesadaran mengetahui segala persyaratan  keselamatan dan kesehatan kerja yang perlu diterapkan di tempat kerja.

7. Bahwa kami menyampaikan informasi medis yang mudah dipahami kepada pekerja tentang kesehatannya, anjuran pemeriksaan kesehatan lebih lanjut yang diperlukan, pemberian nasehat dan pengobatannya sesuai dengan keperluan dan pertimbangan medis. 

8. Bahwa kami mengadakan konsultasi dengan pihak-pihak yang dapat melengkapi keterangan dan pengetahuan, apabila terdapat masalah yang diragukan atau kurang jelas. 

9. Bahwa kami selalu menjalin kerjasama yang baik dengan setiap petugas kesehatan lainnya di luar profesi kedokteran okupasi. 

10. Bahwa kami senantiasa menghindari penawaran dan atau penggunaan jasa yang mendatangkan keuntungan bagi sesuatu pihak dan atau kerugian bagi pihak lainnya.

11. Bahwa kami dengan cermat memperhatikan nilai-nilai psikologis, kebudayaan dan agama yang terdapat dalam masyarakat pekerja dan menyerasikannya kepada tujuan keselamatan dan kesehatan kerja dengan sebaik-baiknya.

12. Bahwa kami memperhatikan masalah lain di luar tempat kerja yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja.

13. Bahwa kami menjunjung tinggi peraturan perundangan yang berlaku di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.

14. Bahwa kami melaksanakan kode etik spesialis kedokteran okupasi dengan penuh kesadaran dan keyakinan dalam rangka menjunjung tinggi profesi kedokteran okupasi.

 

Ditetapkan di : Jakarta

Tanggal : 29 Mei 2016

Pada : Kongres Nasional V PERDOKI

PERHIMPUNAN SPESIALIS KEDOKTERAN OKUPASI INDONESIA