Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia ke-12 (12th IOMU)

...

Issue umum terkini di bidang Kesehatan Kerja adalah bagaimana menjaga agar pekerja tetap fit bekerja, mencegah penyakit khususnya penyakit akibat kerja serta mengupayakan mereka dapat kembali bekerja bahkan setelah mengalami kecacatan akibat kecelakaan maupun penyakit. Hingga saat ini angka kecelakaan kerja tetap meningkat kejadiannya d Indonesia, di mana pada tahun 2016 tercatat 114.450 angka kecelakaan kerja dan pada tahun 2017 didapatkan sebanyak 130.926 kasus. Sehingga selain perlunya dilakukan upaya – upaya pencegahan penyakit dan kecelakaan kerja, maka program kembali bekerja pasca mengalami penyakit dan kecelakaan kerja (Return to Work) merupakan program yang tidak kalah pentingnya untuk dijalankan secara konsisten di tempat kerja.

Sejalan dengan hal di atas, maka Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) sebagai organisasi profesi Dokter Spesialis Kedokteran Kerja seluruh Indonesia yang menitikberatkan programnya pada upaya-upaya promotif dan preventif bagi pekerja, konsisten mendukung realisasi program tersebut.  Salah satunya dengan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) sebagai wadah untuk berbagi perkembangan terbaru Ilmu Kedokteran Okupasi dari para pakar baik dalam dan luar negeri maupun praktisi dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pertemuan Ilmiah Tahunan ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi, Dokter Umum, Tenaga Kesehatan  serta para ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja dari seluruh Indonesia.

Bertempat di hotel Melia Purosani Yogyakarta, PIT XII PERDOKI tahun ini mengambil tema :  “The Role of Occupational Medicine in Keeping The Workers in Their Job”. Kegiatan terdiri dari Workshop (21 September 2018) untuk meningkatkan keterampilan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi maupun Dokter Umum dalam memberikan pelayanan Kedokteran Kerja, serta Simposium (22 dan 23 September 2018) yang menghadirkan nara sumber dari Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Filipina dan Brunei Darussalam untuk mengupas berbagai topik terkini dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, khususnya terkait program Kembali Bekerja (Return to Work) . Forum ini ini diharapkan akan memberikan manfaat yang besar kepada seluruh peserta sehingga dapat mengimplementasikan program pencegahan penyakit dan kecelakaan kerja maupun Return to Work di tempat kerja masing-masing.

Kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan ini tentu saja tak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta sebagai mitra kerja PERDOKI selama ini. Dengan terlaksananya kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan yang melibatkan berbagai pihak baik  stakeholder, manajemen maupun praktisi ini, diharapkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan keselamatan kerja di Indonesia dapat berjalan semakin baik untuk mewujudkan tenaga kerja Indonesia yang bugar sehat serta produktif.

PERHIMPUNAN SPESIALIS KEDOKTERAN OKUPASI INDONESIA